Arsitektur Game Engine

Nama                 : Mohamad Andrianto

Kelas                  : 3IA20

NPM                   : 56414741

Mata Kuliah     : Pengantar Teknologi Game

Dosen                : Syefani Rahma Deski

Arsitektur Game Engine

Arsitektur game engine merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menciptakan atau mengendalikan sebuah video game. banyak sistem permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft , windows , linux dan Mac OS.

Tujuan dari game engine ini untuk mempermudah user untuk pembuatan bagian-bagian tertentu dalam game , membagi – bagi pengembangan game menjadi modul-modul tertentu dan untuk mempermudah kolaborasi antar pihak satu dengan pihak yang lain.

Macam –macam tipe Game Engine :

Game engine ini memiliki macam –macam jenis yang ditunjukan untuk berbagai kemampuan pemrograman . berikut merupakan tipe- tipe dari game engine :

1.Roll Your – Game Engine

Game engine bertipe di atas ini lebih digemari karena gratis , game engine ini juga memperbolehkan pada programmer lebih fleksibel dalam membuat komponen yang di inginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri.

2.Mostly –Ready Game Engine

Game engine diatas ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu yang diberikan pada programmer. Semuanya termasuk contoh GUI ,phisycs , libraries model , texture . game engine di atas ini mempunyai beberapa batasan terutama jika dibandingkan dengan game engine yang lainnya yang benar – benar terbuka lebar.

3.Point and Clik Engine

Game engine di atas ini merupakan game engine yang sangat dibatasi , tetapi game engine ini dibuat dengan sangat user friendly , biasanya membuat game sendiri menggunakan GameMaker , Torque Game Builder dan unity 3D yang memanfaatkan sebuah codingan. Kekurangan dari game engine ini terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang dilakukam dan biasanya hal ini mencakup semuanya mulai dari grafis hingga tata suara.

Contoh game yang menggunakan AGE         :

DELTA 3D

17_1.jpg

Delta3d adalah software open source / simulasi engine API. Delta3d dikelola dan didukung oleh Caper Holdings LLC. Sebelumnya Institut Modeling, Virtual Environments, and Simulation (MOVES) di Naval Postgraduate School di Monterey, California berhasil dan mendukung delta3d. [1] Ilmu Alion juga telah menjadi penyumbang utama perangkat tambahan dan fitur.

Delta3d dilepaskan di bawah GNU Lesser General Public License (LGPL). Modul eksternal memiliki lisensi sendiri. Beberapa modul, seperti Qt, mengharuskan pengguna untuk mendownload dan menginstal secara terpisah untuk digunakan dengan Delta3d.

Panda 3D

kung-fu-panda-2.gif

Panda3D adalah open source dan pada tanggal 28 Mei 2008, perangkat lunak bebas di bawah lisensi BSD yang telah direvisi. Rilis sebelum tanggal tersebut tidak dianggap sebagai perangkat lunak bebas karena kesalahan tertentu dalam perancangan lisensi Panda3D lama. Meskipun demikian, rilis Panda3D yang lebih tua juga dapat digunakan untuk pengembangan permainan gratis dan komersial tanpa biaya finansial.

Bahasa pengembangan game yang dimiliki Panda3D adalah Python. Mesin itu sendiri ditulis di C ++, dan menggunakan generator pembungkus otomatis untuk mengekspos fungsionalitas lengkap mesin pada antarmuka Python. Pendekatan ini memberi pengembang keuntungan dari pengembangan Python, seperti pengembangan yang cepat dan manajemen memori yang canggih, namun tetap menjaga kinerja bahasa yang dikompilasi di inti mesin. Misalnya, mesinnya terintegrasi dengan kolektor sampah Python, dan struktur mesin dikelola secara otomatis.

Manual dan program sampel menggunakan Python, walaupun para pengembang bekerja untuk menerjemahkan manual ke C ++ dan menyediakan program contoh C ++.

Sumber            :

http://andrianime.blogspot.co.id/2015/04/arsitektur-game-engine.html

 

Tinggalkan komentar